Sikap Mengubah Perilaku?

Sikap: Bagaimana Terbentuk, Membentuk dan Mengubah Perilaku

Hmmm sikap itu apa sih? Sikap selalu dikaitkan dengan perilaku. Iya nggak? Ada hubungan apa antara keduanya? Dalam psikologi, sikap mengacu pada seperangkat emosi, keyakinan, dan perilaku terhadap objek, orang, hal, atau peristiwa tertentu. Sikap sering kali merupakan hasil dari pengalaman atau pendidikan, dan  dapat  memiliki pengaruh kuat atas perilaku. Sikap bisa bertahan, dan juga berubah.

Dalam bahasa sederhananya, sikap kita terhadap suatu objek akan memengaruhi bagaimana kita berperilaku terhadap objek tersebut. Atau bagaimana kita berperilaku terhadap sebuah objek, itu menunjukkan sikap kita. Biasanya sih begitu… meski tidak selalu.

Melihat Sikap dari Dekat

Apakah pendapat kita tentang hukuman mati? Partai politik melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam menjalankan negara? Haruskah berdoa diperbolehkan di sekolah-sekolah? Haruskah tayangan kekerasan di televisi diatur? Kemungkinannya adalah bahwa kita mungkin memiliki pendapat yang cukup kuat pada pertanyaan-pertanyaan ini dan sejenisnya. Kita mengembangkan sikap tentang masalah tersebut, dan sikap ini memengaruhi keyakinan serta perilaku kita. Sikap merupakan topik penting dari studi dalam bidang psikologi sosial. Tapi apa sebenarnya sikap? Bagaimana mengembangkannya?

Bagaimana Para psikolog Mendefinisikan Sikap?

Psikolog mendefinisikan sikap sebagai kecenderungan belajar untuk mengevaluasi hal-hal dengan cara tertentu. Hal ini dapat mencakup evaluasi tentang orang, masalah, benda, atau peristiwa. Evaluasi tersebut sering positif atau negatif. Sebagai contoh, kita mungkin memiliki perasaan campur aduk tentang seseorang atau isu tertentu. Para peneliti juga berpendapat bahwa ada beberapa komponen yang berbeda yang membentuk sikap. Komponen sikap kadang-kadang disebut sebagai sikap CAB atau ABC.

  • Komponen Kognitif (Cognitive): pikiran dan keyakinan tentang subjek
  • Komponen Afektif (Afective) : bagaimana objek, orang, masalah, atau hal lainnya membuat kita merasa
  • Komponen Perilaku (Behavioral) : bagaimana sikap mempengaruhi perilaku kita

Bagaimana Sikap Terbentuk?

Ada sejumlah faktor yang dapat memengaruhi bagaimana dan mengapa sikap terbentuk.

Pertama, pengalaman. Sikap terbentuk secara langsung sebagai hasil dari pengalaman. Sikap mungkin muncul disebabkan langsung oleh pengalaman pribadi, atau hasil dari pengamatan.

Kedua, Faktor sosial. Peran sosial dan norma-norma sosial dapat memiliki pengaruh kuat pada sikap. Peran sosial berkaitan dengan bagaimana orang-orang diharapkan untuk berperilaku dalam peran atau konteks tertentu. Norma-norma sosial melibatkan aturan masyarakat atas perilaku apa yang dianggap tepat.

Ketiga, pengetahuan. Sikap dapat dipelajari dalam berbagai cara. Mempertimbangkan bagaimana pengiklan menggunakan pengondisian klasik untuk mempngaruhi sikap kita terhadap produk tertentu. Dalam iklan televisi, Kita melihat wajah-wajah muda, orang-orang cantik bersenang-senang di pantai tropis sambil menikmati minuman isotonik. Citra menarik ini menyebabkan kita untuk mengembangkan hubungan positif dengan minuman tertentu.

Pengondisian operan juga dapat digunakan untuk memengaruhi bagaimana sikap dikembangkan. Bayangkan seorang pemuda yang baru saja mulai merokok. Setiap kali ia menyalakan sebatang rokok, orang mengeluh, menghukum dia, dan meminta dia untuk meninggalkan tempat sekitar mereka. Umpan balik negatif dari orang-orang di sekelilingnya akhirnya menyebabkan dia untuk mengembangkan pendapat yang tidak menguntungkan tentang merokok dan ia memutuskan untuk berhenti dari kebiasaan merokok.

Akhirnya, orang-orang juga belajar sikap dengan mengamati orang-orang di sekitar mereka. Ketika seseorang yang kita kagumi sangat mendukung sikap tertentu, kita lebih mungkin untuk mengembangkan keyakinan yang sama. Misalnya, anak-anak menghabiskan banyak waktu mengamati sikap orang tua mereka dan biasanya mulai menunjukkan pandangan dan perilaku yang sama.

Bagaimana Sikap Memengaruhi Perilaku?

Kita cenderung menganggap bahwa orang berperilaku sesuai dengan sikap mereka. Namun, psikolog sosial telah menemukan bahwa sikap dan perilaku nyata tidak selalu seiring sejalan. Setelah semua, banyak orang mendukung calon atau partai politik tertentu dan namun gagal untuk memberikan suaranya.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sikap

Para peneliti telah menemukan bahwa orang lebih cenderung untuk berperilaku sesuai dengan sikap mereka dalam kondisi tertentu:

  • ketika sikap kita merupakan akibat dari pengalaman pribadi
  • ketika kita adalah seorang ahli dalam masalah ini
  • ketika kita mengharapkan hasil yang menguntungkan
  • ketika sikap tersebut berulang kali ditampilkan
  • ketika kita di posisi untuk menang atau kalah dalam sebuah hal/ persoalan

Sikap Dapat berubah untuk Perilaku yang Sesuai. Dalam beberapa kasus, orang mungkin benar-benar mengubah sikap dalam rangka untuk lebih selaras dengan perilaku mereka. Ketidaksesuaian logika adalah fenomena di mana seseorang mengalami tekanan psikologis disebabkan pikiran atau keyakinan yang saling bertentangan. Dalam rangka untuk mengurangi ketegangan ini, orang mungkin mengubah sikap mereka untuk mencerminkan keyakinan lain atau perilaku aktual.

Sebuah contoh mengubah sikap karena disonansi kognitif.

Bayangkan situasi berikut: Kita selalu menempatkan nilai tinggi pada keamanan finansial, tetapi kita berteman dengan mereka yang senang sekali berwisata kuliner dan belanja. Tentu saja hal ini mengancam stabilitas finansial. Dalam rangka untuk mengurangi ketegangan yang disebabkan oleh keyakinan yang bertentangan dengan perilaku, kita memiliki dua pilihan; mengakhiri pertemanan dan mencari teman yang lebih aman secara finansial, atau mengabaikan pentingnya stabilitas fiskal. Dalam rangka meminimalkan disonansi antara sikap yang bentrok dengan perilaku, kita juga harus mengubah sikap atau mengubah tindakan.

Referensi: ini

Artikel terkait:

Mengubah kepribadian,bisakah

Ektrovert dan introvert dalam mitos dan fakta

Bisakah intovert memimpin? 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s